EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DIKOMBINASIKAN MAKE A MATCH DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai: 1) model pembelajaran NHT dikombinasikan Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran Ekspositori, 2) model pembelajaran STAD lebih baik daripada model pembelajaran Ekspositori, 3) model pembelajaran NHT dikombinasikan Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran STAD. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP N 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dari 6 kelas yang ada, diambil secara acak sebanyak tiga kelas yaitu VIIIA, VIIIC, dan VIIIE . Pengujian hipotesis menggunakan anava satu jalan, uji komparasi ganda yang sebelumnya telah memenuhi uji normalitas, homogenitas, keseimbangan. Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang dikenai: 1) model pembelajaran NHT dikombinasikan Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran Ekspositori, 2) model pembelajaran STAD lebih baik daripada model pembelajaran Ekspositori, 3) model pembelajaran NHT dikombinasikan Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran STAD.
Kata kunci: NHT, Make A Match, STADFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.